-->

Perintah Dasar Line Di AutoCAD

Perintah Dasar Line 

Pengenalan

www.borneoautocad.blogspot.com - Perintah-perintah dasar yang digunakan pada AutoCAD perintahnya dapat diketik di baris command atau dengan melakukan klik pada toolbar draw yaitu tool Line. Pada artikel sebelumya sudah penulis ketik tentang perintah dasar tool Draw I. Sekarang saya akan lanjutan perintah Dasar Line di AutoCAD. Dalam menggambar perintah Line banyak digunakan sebagai garis pembantu untuk meletakkan gambar yang sulit posisinya dan  juga biasanya dibuatkan garis putus-putus.


Tool Line       

Untuk menggunakan Line dapat dengan melakukan klik pada tombol  Line atau mengetik perintah pada baris perintah / command line.
Command : Line/L
Perintah ini digunakan untuk membuat garis. Untuk membuat garis lurus horizontal dan vertical tekan tombol F8. Cobalah untuk membuat gambar seperti dibawah ini :
Perintah-Dasar-Line-Di-AutoCAD

Pengaturan Line/Garis

Untuk mengatur Line dapat dilakukan melalui menu format, dimana anda dapat mengatur model garis yang akan digunakan seperti :
1.Tebal Garis
Untuk mengatur ketebalan garis pilih menu Format >  Line Weight , dengan mengaktifkan pilihan Display Lineweight.

2.Garis Putus-Putus
Dalam pembuatan sebuah obyek terkadang dibutuhkan garis putus-putus. Dimana fungsinya untuk membedakan dengan garis yang lain. perintah yang digunakan melalui menu Format > LineType

Perintah-Dasar-Line-Di-AutoCAD

Latihan :
1.Butlah area kerja anda 50 x 50 dalam satuan cm dan aturlah grid=5 dan snap=5.
2.Buatlah beberapa obyek garis yang saling terhubung dengan titik acuan adalah endpoint, midpoint  dan lain-lain, sehingga garis tersebut menjadi sebuah gambar seperti dibawah ini.

Perintah-Dasar-Line-Di-AutoCAD

Selamat mencoba dan semoga artikel yang berjudul Perintah Dasar Line di AutoCAD dapat memberikan tambahan pengatahuan bagi para pembaca khususnya yang ingin belajar AutoCAD. Untuk lebih lanjut silahkan melihat artikel tentang Perintah Dasar Tool Draw Lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel