-->

Perintah Dasar Tool Draw I Di Autocad

Perintah Dasar Tool Draw I Di Autocad

Pengenalan

Sebelum membuat gambar di AutoCAD, alangkah lebih baik jika anda mengetahui perintah dasar Tool Draw di AutoCAD yang memudahkan anda dalam menggambar apakah itu gambar teknik sipil atau tekni mesin. Banyak sekali perintah dasar yang ada di Tool Draw dan akan saya posting bertahap. Pada artikel lainnya terdapat kumpulan perintah editing.


Tool Draw

Pada Tool Draw berisikan perintah-perintah yang digunakan untuk membuat sebuah object seperti Pline, line, rectangle, Multiline dan masih banyak yang lainnya.
Salah satu dari Tool Draw yaitu :
1. Polyline 
Command : Pline
Perintah untuk membuat garis polyline, yaitu suatu hubungan obyek yang terdiri dari beberapa titik, dimana obyek tersebut bisa dirubah antara model satu dengan yang lainnya.

2. Rectangle
Command : Rectangle/Rec
Perintah untuk membuat bidang persegi empat. perhatikan pada baris perintah di bagian bawah tentang sumbu X (lebar) dan sumbu Y (tinggi). 
Contoh :
Perintah-Dasar-Tool-Draw-I-Di-Autocad

3. Multiline
Command : Multiline/ML atau melalui menu Draw > Multiline
Perintah untuk membuat garis double, anda dapat mengatur ketebalan garis, mengatur jarak antar baris serta posisi base point dari pointer.
Contoh :
Perintah-Dasar-Tool-Draw-I-Di-Autocad


Latihan :
Buatlah gambar seperti dibawah ini dengan pengaturan area kerja 50” x 50” , grid=5 dan snap=5, ukuran bebas seperti dibawah ini :

Perintah-Dasar-Tool-Draw-I-Di-Autocad 

Perintah-Dasar-Tool-Draw-I-Di-Autocad

Perintah-Dasar-Tool-Draw-I-Di-Autocad

Itulah beberapa soal latihan yang dapat anda kerjakan sebagai latihan dalam artikel ini, dan dilain waktu akan saya posting lanjutan dari Perintah Dasar Tool Draw I di AutoCAD.  Semoga dapat memberikan manfaat bagia para pembaca blog saya terutama bagi para pemula. Jangan lupa tinggalkan komentarnya agar blog ini dapat lebih baik lagi. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel